Disneyland Hongkong, Land of Happiness Kupas A-Z

Hay Ho… senang sekali akhirnya sampai juga di bagian paling favorit dari perjalanan ke Hongkong kemarin. Favorite place for everyone I think, kiddos or adult, I bet will happy to be there. Seperti yang sudah ada di judul, yup its Disneyland. House of  all  Disney characters. Masih segar dalam ingatan bagaimana keseruan satu hari penuh yang saya habiskan di Universal Studio Singapore satu tahun lalu. Dan satu tahun berikutnya Allah begitu baik dengan mengizinkan saya akhirnya bisa mendatangi taman bermain yang sudah menjadi number 1 top list to visit. Di Universal Studio saya senang sekali. Tapi di Disneyland, saya bahaaaagiaaaaaaa sekaaaali…lol.. I can’t find another proper word to describe how happy I am to be there. Everything just like dreams come true. Sebenarnya tidak ada yang salah dengan Universal Studio, jika boleh jujur wahana- wahana di USS malah banyak yang lebih keren dan memicu andrenalin, tapi bagi saya Disneyland punya pesonanya sendiri dan berasa lebih magical aja, saya merasa jauh lebih relate dengan karakter-karakternya. Hahaha..gimana ga relate…sejak piyik dan mulai mengerti tontonan kartun serta saat mulai bisa membaca, karakter yang dikenal pertama kali adalah Micky dan Minnie Mouse, Donald Duck, Goofy, Winnie the Pooh. Beranjak besar mulai kenal segala cerita princesess yang bikin jatuh cinta dan jadi punya mimpi untuk bertemu Pangeran suatu hari nanti. Mulai dari Cinderella, Snow White, Tinker Bell, Sofia, Anna, Aurora, Belle hingga yang terbaru princess Elsa hingga Moana. Karakter-karakter Disney sudah hidup dengan saya sejak lama, mungkin ini yang membuat saya merasa lebih relate dan jatuh cinta pada pandangan pertama begitu tiba.


Jadi dengan niat ingin meracuni kalian agar bisa merasakan jatuh cinta seperti yang saya alami,..i will tell you anything I know about Disneyland Hongkong based on my experience, mungkin tidak akan sempurna dan masih banyak hal yang perlu kalian cari tau sendiri lagi tapi atleast semoga ini bisa sedikit membantu dan memberikan referensi yah. Untuk teman teman yang membaca ini dan sudah pernah ke Disneyland Hongkong mungkin bisa menambahkan memalui kolom comment dibawah, hal hal yang mungkin terlewat dari tulisan ini dan membantu teman teman lain yang ingin mewujudkan mimpinya.


So here we go. Prepare your self because this is gonna be long.


HOW TO GET THERE :


One of the best part from traveling in Hongkong is Very very Easy to get public transportation like train, MTR or buss. Once again I will repeat, bolt and underline it. VERY EASY.  Ga perlu takut nyasar, semuanya terintegrasi, nyaman dan papan papan informasi hingga penunjuk jalan yang tersebar sangat mudah dipahami. All that you need just a magic card called ‘Octopus Card’. Kartu yang bisa kita gunakan sebagai alat pembayaran berbagai macam, mulai dari transportasi umum, belanja, makan di restaurant hingga banyak hal lainnya.


Seperti halnya banyak jalan menuju Roma, banyak cara juga untuk menuju Disneyland, mulai dari Bus, MTR, taksi, mobil pribadi atau bahkan dengan kapal feri. Tapi cara paling mudah dan murah menurut saya adalah dengan MTR, Karena saya menginap di daerah KowLoon dan stasiun paling dekat dari tempat saya menginap adalah Tsim Tsa Tsui. Maka titik awal perjalanan saya adalah di stasiun Tsim Tsa Tsui. Tujuan saya adalah stasiun Sunny Bay, dan MTR yang saya harus naiki adalah MTR Tung Chung line dengan jarak tempuh kurang lebih 30 menit. Begitu sampai di Sunny Bay kita harus melanjutkan perjalanan dengan menaiki kereta lainnya yang khusus menuju Disneyland. Kereta Disneyland ini sangat unik, jendela jendela kereta berbentuk kepala Mickey Mouse, seakan mengundang kita masuk kedalam, begitu masuk kita akan disambut dengan interior khas Disney seperti tempat duduk, pegangan dengan warna warna yang cerah. Hanya butuh kurang lebih 10 menit untuk sampai dan voilaaa kita tinggal mengikuti arus pengunjung lain untuk menuju gerbang pemeriksaan. And prepare your ticket here !!


HOW TO GET AND HOW MUCH THE TICKET


Buat saya Ini hal pertama utama yang harus dipersiapkan jika ingin ke Disneyland. Dan sebagai tim yang menjunjung tinggi kepraktisan dan rasa aman, saya lebih prefer untuk membeli online ketimbang offline (langsung di tempat). Lebih tenang rasanya jika sudah pegang tiket di awal dan kadang ada promo promo menarik melalui pembelian online. Ada 3 situs yang saya jadikan perbandingan saat akan membeli tiket. Traveloka, Klook dan situs resmi Disneyland Hongkong yaitu di www.hongkongdisneyland.com/id . Ada beberapa jenis tiket yang ditawarkan mulai dari yang paling standard One Day Pass hingga  Two Day Pass include meal. Jangan bingung dengan banyaknya tipe tiket, saran saya sesuaikan saja dengan kebutuhan masing masing. Saya sengaja tak memilih one day pass include meal karena saya kurang suka dengan pilihan makanannya. Jadi memutuskan untuk beli langsung saja. Jika kamu orang yang tidak mau ribet, beli tiket combo beserta makanan juga merupakan pilihan yang baik, selain itu tiket combo pasti lebih hemat secara harga.


Setelah membandingkan dan mengecek promo promo yang tersedia di situs tersebut, saya akhirya memutuskan untuk membeli lewat traveloka. Di harga Rp. 935.000,- Well, ini juga sebenarnya sudah diskon dari harga awalnya di 1 jutaan. Ini harga termurah yang bisa saya dapatkan diantara ketiga situs tersebut. Tidak murah memang untuk selembar tiket masuk ke Disneyland, merogoh kocek cukup dalam, tapi untuk sebuah mimpi yang hendak dituntaskan dan pengalaman yang didapat sesudahnya. I can say, it was really worth to every penny.


HELLO, ATTRACTION


Dan setelah menunjukkan tiket dan pengecekan barang bawaan di gate pemeriksaan (as long as I know, sepertinya yang ga boleh bawah makanan basah kedalam semacam makanan berat, kalau untuk botol air diperbolehkan)  and…Voilaaaaa…Welcome to the Land of Happiness, Pertama-tama saya dan teman teman memutuskan untuk membeli aksesoris2 lucu bertema Disney terlebih dahulu di pintu masuk sebagai property chucmey untuk berfoto. Sebenarnya harga nya cukup pricey, seperti bando telinga mickey mouse yang dibandrol dengan harga 200 ribu perbuah. Tapi tak apalah sedikit boros demi totalitas tanpa batas. Hahaha.




And Here we are.


Memasuki Disneyland theme park ini, pertama kali kita akan disambut dengan suasana U.S.A Street, itu artinya kita sedang berada di Zona Main Street, U.S.A, yah jadi sama seperti theme park2 lainnya, Di Disneyland juga terbagi dalam 7 Zona yaitu, Adventureland, Fantasyland, Grizzly Gulch, Main Street USA, Mystic Point, TomorrowLand, dan Toy Storyland. Total ada 38 wahana yang tersebar di berbagai macam zona tersebut. Dan sebagian besar adalah wahana wahana yang sangat ramah untuk anak anak dan orang orang yang tidak suka wahana ekstrim seperti saya hahaha..ini juga yang bikin kenapa saya lebih suka Disneyland. Hampir semua wahana bisa saya naikin tanpa perlu debar jantung. If you are looking for more extreme ride I think USS provide more. Punya satu hari penuh dan keramaian pengunjung yang tidak terlalu padat karena kami datang di low season , membuat saya bisa menaiki hampir semua wahana favorit di setiap zona tanpa mengantri terlalu panjang dan sempat berfoto juga dengan beberapa karakter Disney yang menghadirkan sesi foto bersama (akan saya jelaskan lebih lengkap dibawah). Padahal dari berbagai review orang yang saya baca, antri 1 wahana bisa memakan waktu hingga 1 jam lebih jika sedang padat pengunjung, jadi menurut saya penentuan tanggal kedatangan sangatlah berpengaruh. Lalu apa saja yang menjadi wahana wahana favorit saya selama di Disneyland.?? I will break down for you, awas jadi pengen !!. HAHAHA *peace*




Fantasyland

Dari semua zona yang ada saya paling suka dengan zona ini karena suasana dan bentuk bentuk bangunannya mengingatkan kita pada kehidupan princess2 dalam cerita Disney. Seperti memasuki negeri dongeng. Ngebuat saya berfantasi seakan saya sedang bermain main di taman depan Istana Princess Cinderella. Ada 8 wahana yang bisa kita coba di zona ini, tapi yang menjadi favorit saya adalah Cinderella Caraousel (Ofcourse it is) . Altough its just a caraousel, but I’d love with the ambience and atmosphere riding it. This is a special carousel. Nostalgia masa kecil setiap kali ketaman bermain tidak akan melewati kesempatan ini. Naik Dumbo the Flying Elephant (Gajah terbang) dan Mad Hatter Tea  Cups (Cangkir putar putar), dan The Manny Adventures of Winnie the Pooh (petualangan di dunia winnie the pooh menggunakan Hunny Pot raksasa) juga ternyata sangat seru meski ini adalah wahana anak anak sebenarnya, tapi saya dan teman teman yang sedikit gila dan tidak tau malu ini tidak mau tau. Hahaha. Oh ya,,, jangan lewatkan juga wahana Its Small Word, wahana yang bebentuk Istana princess dan sangat besar ini adalah pertunjukkan menarik mengenai kebudayaan dari berbagai negara di belahan dunia. Semacam wahana Istana Boneka kalau di Dufan. Oh ya… Mickey’s Philar Magic wajib pake BANGET jangan sampai ga coba karena ini adalah petualangan fantasi 3D yang dibintangi Donald Duck yang akan membuat kita tertawa terpingkal pingkal dan merindukan masa masa jadi bocah. Kami juga sempat memasuki dan bermain main di wahana Fairy Tale Forest yang berisi kebun yang menghadirkan dongen klasik Disney sebagai buku cerita hidup.






AdventureLand

Saat kita kan menuju zona Fantasyland melalui dari U.S.A mainstreet, kita akan melewati zona ini dengan khas adventure dengan terdapat sungai, hutan dan pohon-pohon disana sini, dizona ini lah pertunjukkan teater Moana dilakukan. Wahana  favorit di tempat ini ofcourse adalah Raft to Tarzan Treehouse dan Tarzan Treehouse, we can visit tarzan basecamp..lol. dan Jungle River Cruise dimana kita akan dibawa menaiki perahu dan dibawa berkeliling menyusuri sungai dan bertemu dengan hewan hewan yang ada di Sungai. Selain itu disini juga terdapat wahana Liki Tikis dan Karibuni Marketplace yang menjual souvenir2 khas African theme.



Grizzly Gulch

Hampir banget ga sempat menaiki wahana-wahana yang ada di zona ini karena hari sudah menjelang sore, Untungnya beberapa wahana masih boleh dinaiki dan untuk wahana Big Grizzly Mountain  Runaway Mine Cars FIX inget ya, ga  boleh banget di lewatkan wahana rollercoaster satu ini, bergerak maju mundur dengan kecepatan cukup tinggi dan itu seruuuu bgt. Kalau ga karena sudah kesorean, I definitely ride that again. Ada beberapa wahana lain tak kalah seru yang ada di zona bertemakan padang gurun dan beruang ini yaitu Geyser Glutch dan Wild West Photo Fun.


Mystic Point

Sesuai namanya, zona ini bertema mistik, wahana favorit di zona ini adalah Mystic Manor, dimana kita akan menaiki suatu ride dan akan dibawa menyusuri sebuah rumah yang memberikan petualangan mistik khas Disneyland. Tidak seseram rumah hantu Indonesia, kok. Hahaha. Selain itu wahana lainnya disini yaitu Garden of Wonders berupa kebun yang bisa kita explore dan Mystic Point Freight Depot sebagai corner ciamik untuk berfoto.


Tomorrowland

Begitu memasuki zona ini, perbedaan atsmosphere langsung sangat terasa, bertemakan futureristik dan superhero2 seperti Starwars, Iron Man, zona  ini tentu saja langsung menjadi favoritnya anak laki laki. Wahana favorit saya di zona ini adalah Iron Man Experience dimana kita akan menyaksikkan tontonan 4D iron man yang sedang menyelamatkan Hongkong dari bencana. SUPER FUN.  Di zona ini, Orbitron, sebuah wahana ride berbentuk planet2 yang akan membawa kita berputar putar diatas dan Rollercoaster Hyperspace Mountain juga tak boleh dilewatkan bagi para adrenalin junkie.


Toy Story Land

Ini adalah zona favorit kedua saya setelah Fantasyland, seruuuuu maksimall sih di zona yang bertema Toy Story Movie yang terkenal itu, di gerbang masuk zona ini, kita akan langsung bertemu dengan Woody raksasa si karakter utama di Toy Story. Wahana yang lagsung menarik perhatian adalah RC Racer, semacam rollercoaster maju mundur tapi dengan track pendek namun tinggi dan berbentuk melengkung, jadi ya gitu, kayak main ayunan tapi bedanya dengan kecepatan tinggi dan rider raksasa. Wahana seru lainnya seperti Toy Soldier Parachute Drop, mirip seperti wahana Histeria di Dufan, Slinky Dog Spin kereta api berbentuk anjing yang sangat panjang favoritnya anak anak dan Barrel of Fun adalah wahana wahana Toy storyland yang sayang banget kalau sampai dilewatkan.



Main Street U.S.A

Untuk bocah bocah yang pengen dandan ala ala princess bisa main ke zona pertama yang kita jumpai saat memasuki Disneyland ini, yaitu di wahana Royal Princess Garden, atau menaiki Main Street Vehicles untuk berkeliling di zona ini. Ada juga wahana Hongkong Disneyland Railroad, kereta api lambat yang bisa membawa kita ke zona Fantasyland.


MEET THE CHARACTERS, PARADE and FIREWORKS

Hal yang tidak boleh dilewatkan saat ndolan ke Disneyland, tentulah saja bertemu dan berfoto dengan para karakter karakter disini, Para karakter ini muncul di berbagai titik pada jam jam tertentu dan biasanya tidak akan melayani foto dengan begitu lama. Ada banyak banget figure karakter yang bisa dimintai foto, tapi saran saya, dari awal sebaiknya sudah memutuskan mau berfoto dengan yang mana, dicari tau jam serta lokasinya, dan datanglah sebelum jam tersebut sehingga tidak perlu mengantri lama. Karena saya memang ingin lebih fokus dengan menaiki wahana sebanyak mungkin, saya hanya sempat berfoto dengan beberapa karakter seperti Goofy and friends, Tinker Ball, dan Black Phanter. Sangat disayangkan tak sempat berfoto dengan karakter favorite saya sepajang masa, Micky & Minne Mouse serta Donald Duck dikarenakan antrian untuk 2 karakter ini sangatlah luar biasa dan saya tak mau membuang2 waktu. Semoga akan ada kunjungan berikutnya ketempat ini suatu hari nanti, ada Amin ?

Selain bertemu dan berfoto dengan para karakter, agenda penting lainnya yang tak boleh dilewatkan di taman bermain ini tentu saja show spectakulernya yang sangat popular itu. Ada 3 pertunjukkan yang paling menjadi favorite saya dan as long as I know, pertunjukkan ini berlangsung setiap hari di jam yang sama. 3 pertunjukkan ini adalah Flights of Fantasy Parade (4.00 pm),  We Love Mickey, Project Show (8.00 pm), Disney Paint The Night (9.00pm). Sayang banget salah satu pertunjukkan terkenalnya yaitu Fireworks show sedang tidak ada dikarenakan castle atau istana sebagai tempat pertunjukkan berlangsung masih dalam under reconstruction satu tahun belakangan ini . Tapi show yang ada cukup untuk menutupi kekecewaan itu karena Every show is so awesome and magical. Seharian puas main lalu ditutup dengan pertunjukkan parade semua karakter dengan teknologi keren, music dan lighting semua jadi satu. I can’t hide my happiness tears, everthing so mind blowing and beautiful. Secapek apapun kalian karena seharian main tapi please banget buat engga ngelwatin the show and the parade. Thats why if you wanna visit Disneyland you have to spare all day just for the land. Karena udah nyiapin seharian aja, masih ngerasa ga cukup.







WHAT TO EAT AND BUY SOUVENIRS

Sebenarnya soal makanan ga perlu khawatir ya kalau disini,, karena disetiap zona tersedia beberapa restaurant di dalamnya. Tapi karena melihat beberapa restaurant menyajikan menu babi dimana saya tidak mengkonsumsinya, jadilah supaya lebih tenang, kami memilih makan di Tahitian Terrace di zona Adventure Land, ini ada satu satunya restaurant yang terdapat label halal yang dapat kami temukan. Mungkin ada restaurant halal lain di zona lain, tapi kami tak sempat mencari tahu lagi. Oh ya satu yang jangan lupa, satu porsi makanan di Hongkong dan juga Disneyland, menurut saya sudah 2,5 porsi makan saya sehari hari. Sharing makanan menurut saya lebih baik ketimbang membuang buang makanan. Untuk harga memang cukup pricey, rata rata berkisar 200-300 ribu per porsinya, menurut saya wajar jadi lebih mahal di taman bermain seperti ini. Oh ya bahkan Octopus card diterima lho di restaurant2 disini. Untuk air minum, jangan khawatir karena di banyak penjuru tempat tersedia fountain water untuk refill air putih secara gratis. Jangan lupa juga untuk mencicipi snack snack lucu khas Disney yang dijual diberbagai tempat, saat di Main Street U.S.A, saya sempat mencicipi Waflle berbentuk telinga Mickey dan ice cream serta jagung rebus. Jagung rebus paling enak dan paling mahal yang pernah saya makan dengan harga IDR 50K hahaha. The last but not least, bagi kalian yang berminat membeli oleh oleh khas Disney, jangan khawatir, karena banyak souvenirs shop yang tersedia dan menjual barang barang lucu nan menggemaskan. Yang perlu dipersiapkan hanya 2, mental untuk tidak kalap dan tentu saja..isi dompet anda.



 

ADDITIONAL TIPS

  • Pakai baju, celana sepatu yang nyaman, adem dan menyerap keringat. Ini paling penting sih.
  • Bawa kipas portable atau sejenisnya, karena kalau lagi panas, cuacanya bisa panas pake banget sih.
  • Jangan lupa untuk mengambil MAP dan jadwal Acara, show karena trust me ini ngebantu banget buat kita manage time, biar ga banyak buang buang waktu.
  • Buat yang punya baby kalau bisa bawa baby stroller, kalaupun engga, no worries karena banyak juga tempat penyewaan.
  • Jangan lupa tidur yang cukup malamnya dan sarapan pagi untuk mengisi tenaga paginya sebelum petualangan dimulai.
  • Siapkan waktu satu hari penuh untuk bersenang-senang.
  • Berdoa kepada Tuhan yang Maha Esa, agar segalanya berjalan lancer. hahaha

So yeah, gais..Finnally, sampai juga di bagian ini,, setelah 2680 kata diatas..Kalau ga percaya dan lagi banyak waktu gapapa coba hitung aja. Hahaha. Semua hal diatas berdasarkan pengalaman pribadi saya saat ndolan ke Disneyland baru baru ini. Semoga dapat membantu walau mungkin masih banyak hal yang perlu ditambahkan. Kedepannya bisa jadi ada perubahan wahana atau pertunjukkan, yang penting jangan lupa untuk mencari info detail dulu sebelum memutuskan untuk datang. Perjalanan ini Ngebuat saya flashback ke masa kecil dan kenangan kenangan didalamnya. Bersyukur banget ada kesempatan untuk bisa kesini. All I can say just this trip is one of the best trip in entire my life. If there any another chance for me to comeback. Definitely, I will….

Jian dao ni !!


TABIQ !!

0 Comments