Bali dan Ragam Pilihan Tempat Wisata

Selain pesona pantainya, Bali juga menawarkan sejuta eksotisme lainnya. Saya yakin banyak yang setuju dengan saya ini. Banyak sekali tempat yang bisa didatangi selain wisata pantai. Berikut, saya akan berbagi beberapa tempat yang sempat saya kunjungi kala di Bali.


Tampak Siring – Pura Tirta Empul

Tirta Empul adalah nama sebuah pura yang terletak di kecamatan Tampak Siring, Tampak siring Kabupaten Gianyar, Bali. Dari Bandara kita harus menempuh perjalanan satu jam setengah dengan mobil untuk dapat sampai ke tempat wisata di Ubud ini. Di pura tirta empul ini, terdapat mata air yang juga digunakan oleh masyarakat pemeluk agama Hindu, untuk pemandian dan memohon tirta suci. Saat saya dan teman-teman datang, banyak sekali wisatawan domestic maupun maupun mancanegara yang juga datang.


Dengan membayar tiket masuk seharga Rp.15.000,- kami juga dipinjami sarung bali untuk menutup kaki agar sopan dan menghormati para penduduk lokal yang biasanya sering melakukan sembahyang di pura. Selain pura, ditempat ini juga terdapat istana kepresidenan yang didirikan oleh presiden pertama Indonesia,Sukarno. Untuk dapat melihat istana. dari pura, kita cukup melihat kearah atas dan sudah dapat melihat tempat pengistirahatan paling favorit Sukarno ini.



Tegalalang Rice

Menyegarkan mata dengan yang hijau-hijau ? Melihat sawah terasering ubud Tegalalang adalah jawabannya. Menikmati bagaimana ciamiknya bentuk sawah-sawah nan cantik dari atas ke bawah yang seakan dilukis di sebuah kanvas. Saya sulit membayangkan bagaimana penduduk Bali begitu kreatif dapat mengubah semua elemen dari hidup mereka sehingga bisa dinikmati dari berbagai sisi oleh para pengunjung yang datang ke Bali.

Tegalalang-Rice-Terraces


Makan Siang di Kintamani

Makan siang sepuasnya dengan view pemandangan Gunung Batur di depan mata adalah must to do when you come to Kintamani. Meski sedikit merogoh kocek para backpacker seperti kami, tapi percayalah it’s worth it to do. Memilih restaurant dengan sistem buffet all you can eat asal you punya perut sanggup membuat kami menghabiskan banyak waktu disini. sambil memberikan jeda pada perut, kami menikmati pemandangan Gunung Batur sambil berfoto-foto ria. Saat perut sudah memiliki ruang lagi, maka proses makan pun lanjuuuuuttt lagi.

pose setelah kenyang πŸ˜€

contoh seporsi kecil

Garuda Wisnu Kencana (GWK)

Adalah sebuah taman wisata yang berada di bagian selatan pulau Bali. Di areal taman budaya ini, direncanakan akan didirikan sebuah landmark atau maskot bali, yakni patung berukuran raksasa Dewa Wisnu yang sedang menunggangi tunggangannya, Garuda setinggi 12 meter.  Saat kami datang, kami harus sudah puas dengan melihat kepala patung dan patung tangan wisnu yang masih belum sepenuhnya selesai tapi MasyaAllah belum selesai aja udah gedenya segitu.

Pura Uluwatu

Pura kece lainnya yang kami datangi adalah Pura Uluwatu, pura yang terletak diatas pantai Pecatu yang sering digunakan sebagai tempat olahraga selancar para surfer. Pura yang terletak di ujung barat daya pulau Bali diatas anjungan batu karang yang terjal dan tinggi serta menjorok ke laut ini merupakan Pura Sad Kayangan yang dipercaya oleh orang Hindu sebagai penyangga dari 9 mata angin. Jika membayar lebih, kita juga bisa melihat tarian kecak sambil menikmati sunset. Sunset di Uluwatu terkenal sebagai salah satu yang terbaik, itu sebabnya banyak yang memilih uluwatu untuk melangsungkan pernikahan. Dan oh ya, hati-hati juga saat memasuki kawasan pura, banyak monyet-monyet cukup jahil yang siap mencuri barang-barang yang kalian pakai.

Sunset From Uluwatu

Ayohh sini tunjukkin muka pasrahnya

Monumen Bom Bali

Untuk sedikit mengenang peristiwa kelam bom bali di masa lalu, kami mengujungi monument bom bali di Legian yang kebetulan tak berada jauh dari lokasi penginapan. Di monument ini terdapat nama-nama korban yang tidak selamat.  Sambil menghaturkan doa, semoga kejadian seperti ini tidak akan pernah terjadi lagi dimanapun.

Begitulah sekian beberapa rekomendasi tempat wisata yang bisa kalian datangi saat berada di Bali. Semoga dapat membantu sebagai tambahan bahan refrensi..


Debby Cao..

0 Comments