Universal Studio Singapore, Play Till Drop !!

Selain Coldplay, the best part from this Singapore trip tentu saja adalah Universal Studio, theme park terbesar dan terpopuler di Asia Tenggara. Sebenarnya, saya bukanlah theme park enthusiast, Seumur hidup melancong ke Dufan bisa dihitung cukup dengan jari tangan. Namun Universal Studio dan Disneyland adalah sebuah pengecualian. Hidup dalam dunia karakter-karakternya dua perusahaan film raksasa ini sejak berumur piyik. Diam-diam saya memasukkan dua theme park itu sebagai bucket list yang harus dikunjungi minimal sekali seumur hidup.


Beruntung, Tuhan sangat baik dan mengabulkannya begitu cepat.


Kami memilih hari Sabtu untuk melancong ke Universal Studio Singapore, memang sedikit risky memilih weekend karena bisa dipastikan pengunjung akan membludak dan antrian di wahana-wahana favorit akan sangat panjang. Namun keuntungan lain memilih hari Sabtu adalah adanya Hollywood parade dan pesta kembang api yang hanya ada di hari weekend. Jadi pilihan ada ditanganmu.


Untuk transportasi public menuju Universal Studio juga sangat mudah dan tidak perlu khawatir. Ada banyak pilihan seperti taksi baik konvensional (Tapi beneran ga saranin ini karena taksi di Singapura itu emang terkenal muahal) ataupun taksi online seperti Uber/Grab (Nah ini masih mendingan lah), Bus,  dan salah satu pilihan terbaiknya tentu adalah MRT. Kami memutuskan menggunakan MRT dan karena kami menginap di daerah Geylang dan stasiun terdekat dari hotel adalah Stasiun Aljunied maka rute MRT yang kami ambil adalah Stasiun Aljunied dengan menggunakan MRT east west line hijau dan kemudian turun di Stasiun Outram park) dan berganti jalur ke north east line dan turun di stasiun harbor front sebagai pemberhentian terakhir menuju Sentosa Island. Jadi Sentosa Island adalah tujuan akhir perjalanan ini karena memang ini adalah sebuah kawasan hiburan yang terintegrasi dengan banyak pilihan wisata dan Universal Studio Singapore adalah salah satu diantaranya. Jika sudah sampai di Stasiun Harbor Front, selanjutnya kita memiliki 4 alternative menuju Sentosa Island,


Berjalan kaki melalui sentosa boardwalk (SGD $1)

Bus (SGD $2)

Sentosa Express Sky Train (Monorail – SGD $4) – Cara ini adalah yang kami pilih dan yang tercepat.

Cable Car (SGD $29)



Begitu sampai di Water Front Station, tandanya kita sudah sampai di USS, berjalan sedikit selanjutnya kita sudah dapat melihat bola dunia besar yang menjadi mascot dari Universal Studio sejak sebelum naga api menyerang dulu.  Karena kami sudah membeli tiket masuk secara online (dengan harga promo sekitar 800 ribuan – sebagai tambahan tips lebih menguntungkan emang kalau beli tiket beginian via online, di situs resmi Universal atau situs-situs perjalanan lain suka sering memberikan promo-promo menarik ketimbang membeli tiket on the spot ) kami pun langsung mengantri di loket masuk.







Kesan pertama saya saat memasuki USS adalah… ”waww…lucuuu banget bisa buat ditinggalin ga yaa…”hahaha..jatuh cinta ketika langsung disambut sama suasana Hollywood Boulevard lengkap dengan arsiktektur yang khas, pohon palm dan Walk of Fame ala ala yang terkenal itu. Gong dari tempat ini tentunya adalah 24 wahana seru yang tersebar  di 7 zona/tema yang berbeda-beda. Pembagian zona Ini otomatis membuat pengunjung tidak bosan dan yang paling penting memberikan buanyaakkk banget pilihan untuk mengabadikan momen. 7 Zona yang terdapat di Universal Studio Singapura diantaranya adalah :


Zona Hollywood, Zona New York, Zona Sci Fi City, Zona Ancient Egypt, Zona The Lost World, Zona Far Far Away, Zona Madagascar





Dan beberapa wahana terfavorit versi saya dan ngebuat theme park ini amat sangat worth it to pay and come dan sepertinya menjadi favorit kebanyakan orang juga karena ngantrinya selaluuu panjang khususnya weekend, tapi percayalah wahana-wahana ini layak untuk diantriin lama-lama hingga buat kaki pegel, kok.


Transformers The Ride – Sci Fi City

Perpaduan sempurna sebuah wahana Roller Coaster dan 3D ? sorry I correct.. Perpaduan sempurna sebuah wahana Roller Coaster dan 4D ? Yeahhh it is Transformers The Ride… I swear this is the best ride I’ve ever try. Gokil sih..Dengan hint-hint misi di sepanjang layar monitor yang tersedia di sepanjang antrian. Kita benar-benar akan dibawa kedalam dunia “Transformer” in real life. Konon wahana ini adalah wahana terbaru di USS dan baru cuma ada disini.  Kalau aja ngantrinya engga bikin dada ini melengos berulang kali pengennn banget rasanya naik berkali-kali.


Battlestar Galactica – Sci Fi City

Kalau Transformer The Ride itu cukup menguji adrenalin rush, wahana yang satu ini berada di level yang lebih tinggi dalam pengujian nyali sampai saya tidak berani menaikinya. HAHAHA,, call me cupu but yeahh.. usia memang mempengaruhi keberanian, rasanya jantung ini terlalu lemah untuk di ulak alik di atas jet coaster itu. Jadilah saya harus cukup puas hanya dengan menunggui Rendi sambil memeluk tasnya di bawah rintik hujan Singapore yang ternyata kagak ada romantis2nya kayak di drama-drama korea itu. Rendi memutuskan mencoba kedua Jet Coaster tersebut, iya jadi Battlestar Galactica terdiri dari dua Jet Coaster yang berada di rel yang saling bertautan dan berjalan bersamaan namun  berbeda arah yang satu jalannya maju yang satu lagi jalannya mundur, and the best perks from this ride kalau kata Rendy adalah sensasi ketika kedua Jet Coaster itu  seolah-olah akan saling menabrak. So, kalau kamu masih muda ataupun sudah tua tapi masih memiliki  jantung yang kuat dan ingin menguji nyali, you can’t miss this ride.



Revenge of Mummy – Ancient Egypt

Another Roller Coaster …aing berani naik karena swear to the God aing ga tau kalau itu adalah roller Coaster, kirain cuma pengalaman menjelajah rute dengan hantu-hantu mumi yang akan menjadi hiasannya tapi ternyata salah besar sodara-sodara. Revenge of Mummy adalah Roller Coaster yang melaju dalam kegelapan..percis seperti gambaran mummy yang terkurung dalam kegelapan sebuah peti. Namun disitulah letak keseruannya…tidak mengetahui lajur tracknya justru membuat kejutan di sepanjang perjalanan dan bagian terbaiknya adalah saat roller coaster melaju mundur dengan kencang dan menguji adrenalin yang yah begitulah.. mendebarkan !!



Shrek 4D Adventure – Far Far Away

Nonton 4D Shrek dengan jalan cerita seru, lucu  menghibur dan menyenangkan, jangan sampai melewatkan wahana ini. Kita akan dibawa ke dalam petualangan Shrek dengan sensasi langsung dari efek 4D nya. Wahana ini adalah salah satu wahana favorit bagi anak-anak. Bukan anak-anaj aja sih, yang udah gedong kayak saya juga suka sekali dengan wahana ini.







Jurrasic Park Adventure – The Lost World

Suka basah-basahan ? Silahkan mencoba wahana satu ini. Wahana yang mirip Arung Jeram kalau di Dufan namun versi lebih wah dan menantang. DIpastikan akan basah, jika tidak mau basah bisa membeli mantel hujan sederhana yang banyak dijual di sekitar wahana seharga $4 SGD. Atau bisa membawa baju ganti sebagai alternative kedua.


Selain 5 wahana diatas, masih ada 19 wahana tak kalah seru lainnya yang bisa di coba, 5 wahana diatas adalah terfavorit versi saya. Selain wahana, hiburan seru lainnya yang tidak boleh dilewatkan dari Universal Studio adalah berbagai macam pertunjukan yang digelar pada jam-jam tertentu…Hollywood Dreams Parade yang merupakan parade dari karakter-karakter yang ada disini, hanya ada pada saat weekend dan hari libur tertentu di mulai pukul 18.30, ada juga pertunjukkan Pentages Hollywood Theater atau Lake Hollywood Spectaculer yang merupakan pertunjukan musik dan pyrotechnics yang menggunakan api dan kembang api, pertunjukkan ini juga hanya ada pada saat weekend. Salah satu pertunjukkan wajib lainnya adalah Water World Show yang ada di zona The Lost World, dengan jadwal show 3x sehari, kita diberikan cukup banyak kesempatan untuk dapat menyaksikan pertunjukkan keren ini.


Wahana sudah, pertunjukkan sudah..Ada satu lagi yang paling menarik dari theme park ini yang lagi lagi ga boleh dilewatkan, yaitu penampilan para the cast yang memerankan berbagai karakternya Universal Studio seperti Minions, Bumble Bee, Betty Boop, Scorpion King, Pinnochio dan buanyak karakter lainnya… Semuanya kelewat lucu dan sangat disayangkan jika dilewatkan untuk berfoto bersama….Untuk beberapa karakter favorit seperti minions atau bumble bee antrian akan sangat panjang jadi sediakan waktu lebih banyak untuk mengantri yaa…


Dan juga jangan lupa untuk sedikit tips-tips berikut.


Jangan datang terlalu siang apalagi weekend karna USS akan ruame banget dan ya sayang aja kalau kita kehabisan waktu dan ga sempat untuk nyobain banyak wahana.

Kudu mesti jangan lupa ambil map USS yang biasanya tersedia di pintu masuk dan tersebar di beberapa titik penting di USS. Map ini akan berguna banget sebagai informasi wahana yang ingin kita mainkan atau pertunjukkan yang ingin dilihat.

Siapkan waktu lebih banyak jika ingin menonton suatu pertunjukkan karna pasti ruame banget. Pastikan tau kapan waktu pertunjukkannya, datang lebih awal ke venue.

Point ke 3 juga berlaku jika kalian ingin berfoto dengan para cast yang hanya muncul pada waktu-waktu tertentu. itu kenapa punya peta USS sangatt penting.

Pakai outfit yang nyaman senyaman-nyamannya kamu karena cuacanya Singapore itu cenderung panas dan USS adalah theme park outdoor.

Jangan Lupa bawa botol kosong karena bisa diisi air siap minum/fountain water yang tersebar di USS.

Mulai dari jam 10 pagi – menjelang jam 7 malam kami menghabiskan waktu di Universal Studio..What a great day..Badan pegel semua tapi ku senang.. Meski di awal-awal aga melelahkan karena kelamaan ngantri di beberapa wahana karena ya salah satu konsekuensi datang di  hari weekend, tapi so far  masih dalam batas toleransi yang bisa diterima le sikil. Bahkan Rendy masih sempat menaiki ulang Battlestar Galactica. Setelahnya kami pun menyaksikan pertunjukkan kembang api cukup meriah yang disajikan Universal Studio sebagai penutup hari.


Such as a wonderfull day  ..

Apakah saya tertarik untuk kembali lagi ?

YES. I DO.

And I Will…


akibat ga kebagian foto sama the cast nya minion,  yaudah gini aja udah bahagia kok :). Masih pake mantel sisa dari wahana Jurassic Park.

Tabiq !!

0 Comments